Tim didikan Bima Sakti lolos ke Semifinal Piala AFF

Ilmu Bima Sakti Penyebab Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal

Memberligapedia.net – Timnas U-16 keluar sebagai juara Grup A turnamen AFF usai mengalahkan Vietnam 2-1. Sebelumnya, tim asuhan Bima Sakti Tukiman ini telah mengalahkan harapan dua tim di grup ini, Filipina dihajar 2-0. Sedangkan Singapura dibantai dengan 9-0.

Tampil impresiv sepanjang pergelaran itu, Bima menjelaskan timnya harus tetap fokus menatap dua pertandingan sisanya, semifinal dan final. Dia juga tak ingin para pemain terbawa dengan euforia kemenangan.

“Saya pikir ini pembelajaran untuk pemain. Kami sebagai tim pelatih dan staff official sudah mengedukasi mereka, memberi ilmu kepada mereka, memposisikan diri kami sebagai orang tua, dan sosok kakak bagi mereka. Bukan hanya ilmu bola saja, tapi diluar sepakbola itu juga sangat penting agar mereka bisa belajar,” uajr Bima dikutip dari PSSI, Senin 8 Agustus 2022.

Selain itu, Bima Sakti juga ajarkan mengenai peraturan yang ada di timnya. “Seperti penggunaan telepon seluler kami batasi. Selain itu juga menjaga kedisiplinan mereka dengan melakukan ibadah bersama-sama. Kemudian untuk yang non-muslim kami memberi kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan.

“Contohlain untuk krisna, setiap minggu kita antar dia naik mobl ke Pura. Terpenting adalah itu, ibadah mereka. Kami juga edukasi ke pemain untuk jangan cepat puas, jangan sombong,” tambahnya.

Hal hal yang seperti itu juga ternyata terbawa dan terterapkan di salah satu pemain di tim Bima sebelumnya, “Kemarin tiba-tiba Marselino (Ferdinand) whatsaapp saya, mengucapkan selamat atas kemenangan pada pertandingan melawan Filipina, semoga berikutnya lebih baik. Saya ceritakan itu kepada mereka. Itu menjadi contoh, mudah-mudahan ada Marselino lain yang bisa teruskan tradisi seperti itu dari tim ini,” ungkap Bima.