Corona Ngamuk! Rusia Tembus 37 Ribu Kasus Sehari, Tertinggi Sejak Awal Pandemi

Jakarta – Kasus infeksi COVID-19 di Rusia pada Senin (25/20/2021) mencapai 37.930 kasus baru. Angka tersebut merupakan angka tertinggi di negara itu sejak awal pandemi COVID-19.
Sebelumnya, pada Sabtu (24/10/2021) Rusia memecah rekor harian kasus infeksi COVID-19. Kenaikan angka kasus harian tersebut mencapai 37.678, dikutip dari laman Worldometers.

Rusia sendiri melaporkan penambahan angka kematian akibat COVID-19 sebanyak 1.075 orang pada Sabtu (23/10/2021). Angka itu menjadi rekor harian kelima berturut-turut.

Meski menjadi negara pengembang salah satu vaksin COVID-19 pertama di dunia, Rusia menjadi salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Eropa. Negara itu baru memvaksinasi sekitar sepertiga populasinya.

Dalam menangani kenaikan kasus di Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin kembali memutuskan untuk lockdown wilayahnya dengan meliburkan pekerja kantoran selama pandemi.

“Tugas kami hari ini adalah untuk melindungi kehidupan dan kesehatan warga kami dan mengurangi konsekuensi dari infeksi berbahaya (Covid-19),” papar Putin.

Selain itu, Presiden Rusia tersebut heran akan enggannya masyarakat Rusia untuk divaksin.

“Saya tidak mengerti apa yang sedang terjadi, kami memiliki vaksin yang andal dan efisien. Vaksin benar-benar mengurangi risiko penyakit, komplikasi serius, dan kematian,” tambahnya.

Baca artikel detikHealth