6 Manfaat Bit untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Bayi

Bit tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan atau minuman. Itu juga dimanfaatkan sebagai obat, bahkan pewarna makanan. Bit merupakan bahan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk bayi.

Dikutip dari Dr Health Benefits, Rabu (6/10/2021), bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering kali dianggap sebagai kelompok buah-buahan. Bit merupakan salah satu kelompok sayuran famili Beta vulgaris.

Manfaat bit untuk kesehatan juga telah terbukti secara ilmiah. Sayuran ini mengandung nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Berikut enam manfaat bit untuk kesehatan bayi.

1. Mengandung Mineral dan Vitamin
Bit banyak mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin K. Oleh karena itu, bayi yang belum dapat minum vitamin dapat menggantinya dengan memakan bit.

Vitamin-vitamin ini juga dapat secara drastis menurunkan risiko beberapa penyakit seperti beri-beri, rabun senja, rakitis, osteomalacia, angular stomatitis, gastritis, dan diare

2. Menurunkan Risiko Anemia
Anemia merupakan penyakit yang tidak hanya dapat menyerang orang dewasa, tetapi juga bayi. Anemia ini dapat memengaruhi tubuh karena kurangnya kandungan zat besi. Dengan mengkonsumsi bit, risiko anemia pada bayi akan berkurang.

3. Meningkatkan Pencernaan
Sistem pencernaan bayi dikenal masih lemah. Karena itu, bit, yang notabene kaya akan serat, jadi menu makan harian yang tepat. Sayuran ini juga mengandung nutrisi yang dipercaya mencegah sembelit pada bayi.

4. Melindungi Hati
Bayi juga memiliki risiko penyakit liver. Penyakit yang paling umum adalah penyakit kuning dan hepatitis. Penyakit kuning akan menurunkan nafsu makan bayi secara signifikan, sehingga untuk bayi dalam kondisi seperti itu, dapat diberikan jus bit kurang lebih 2 samapi 3 sendok teh

5. Pembersih Alami
Salah satu kombinasi sempurna untuk jus bit adalahwortel dan mentimun. Manfaat jus bit bisa didapatkan bayi khususnya untuk kantong empedu ginjal. Cukup dengan beberapa sendok makan untuk yang pertama, kemudian dapat ditambah setelah beberapa bulan